Senin, 15 September 2008

Aburizal Bakrie : Program Pengentasan Kemiskinan Dilakukan Sistematis Kamis, 05 Juni 2008 | 18:26 WIB TEMPO Interaktif, Jakarta:Pemerintah mengk



Kamis, 05 Juni 2008 | 18:26 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Pemerintah mengklaim program pengentasan kemiskinan dilakukan secara sistematis. Menurut menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Aburizal Bakrie mengatakan ada tiga program yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah selain melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Ketiganya adalah Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam bidang pendidikan, Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dalam bidang kesehatan, dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). "Jadi program pengentasan kemiskinan itu sistematis." katanya saat membuka Pekan Lingkungan Indonesia di Jakarta Convention Center, Kami (05/06).

Dia menjelaskan pemerintah memberikan anggaran Rp 2-3 miliar di setiap kecamatan dalam PNPM. Saat ini terdapat 36 ribu desa yang ikut melaksanakan program itu. Dalam program itu masyarakat ikut merencanakan, melaksanakan dan membangun desanya, "tidak boleh ada kontraktor, sehingga masyarakat merasa memiliki." katanya.

Melalui program itu tercipta 200 lapangan kerja di setiap desa, tahun ini dari 36 ribu desa telah tercipta 9 juta lapangan pekerjaan. Pemerintah berharap dalam pelaksanaan PNPM, perusahaan ikut memberikan kontribusi.

Aburizal menambahkan, pemerintah juga memiliki program kredit usaha rakyat yang telah dimulai sejak November tahun lalu, dengan dana Rp 6,8 triliun. Sebanyak 698 ribu orang telah mendapatkan kredit melalui program itu.

Tidak ada komentar: